Translate

Jumat, 29 Agustus 2014

5 Kebiasaan yang dapat Memperpanjang Umur

Penuaan adalah musuh kita bersama. Hal tersebut sudah menjadi rahasia umum, bukan? Nah, sekarang, sebagian besar dari kita berbondong-bondong untuk menghindari produk-produk kimia guna melawan penuaan ini. Suatu fakta menyebutkan, kita bisa menghindari proses penuaan ini dengan melawan penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes—yang justru akan mempercepat proses penuaan dan merupakan penyebab utama kematian dini.
Penuaan bukan seperti hantu yang apabila kita meminta jasa pengusir hantu maka akan pergi begitu saja. Bukan itu. Melainkan akan melambat prosesnya apabila kita melakukan beberapa hal sederhana seperti di bawah ini.

#1 Mengonsumsi berbagai buah dan sayuran dengan aneka warna

Orang-orang yang mengonsumsi berbagai macam buah dan sayur secara konsisten memiliki kemungkinan terkecil untuk terserang penyakit kronis. Mereka mempertahankan berat badan yang ideal dan akan hidup lebih lama. Keanekaragaman warna yang dimiliki oleh buah dan sayuran menunjukkan nutrisi yang berbeda-beda dan anti-oksidan. Berbagai nutrisi dan antioksidan dapat melawan penuaan dari berbagai arah. Anthicyanin, misalnya, antioksidan yang memberikan warna biru tua pada blueberry, dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker, sedangkan beta karoten, prekursor vitamin A yang memberikan warna oranye pada wortel, dapat membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh yang optimal.
Bagaimana tips untuk memvariasikan konsumsi buah dan sayuran di menu kita? Pilihlah 1-2 buah sayuran baru setiap kali Anda berbelanja makanan, dan masukkan menu buah dan sayuran setiap kali Anda makan. Cukup mudah, bukan?

#2 Mengonsumsi Asam Lemak Omega-3 Rantai Panjang

Asam eicosapentaenoic omega-3 rantai panjang (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) dipercaya dapat memberikan efek awet muda.
Seorang ahli jantung di Rumah Sakit Umum San Fransisco, Dr. Ramin Farzaneh-Far, dan rekannya melakukan studi untuk melihat efek EPA dan DHA pada kromosom penuaan. Menurut hasil publikasi di JAMA, mereka menemukan bahwa dengan kandungan EPA dan DHA yang tinggi dalam darah maka akan didaptkan kemungkinan terkecil untuk terserang penyakit jantung dan kecepatan paling lambat untuk kromosom mengalami penuaan.
Di mana kita bisa mendapatkan EPA dan DHA? EPA dan DHA ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, tuna, halibut, mackerel dan sarden. Jika Anda tidak menyukai ikan dan tidak mau mengonsumsi ikan sebagai lauk setiap hari, cukup menggantinya dengan suplemen minyak ikan. Mengonsumsi suplemen minyak ikan dalam makanan Anda sama baiknya dengan mengonsumsi langsung ikan dalam menu Anda.

#3 Melakukan Flossing Setiap Hari

Flossing (membersihkan sela gigi), selain baik untuk gusi anda, sangat baik pula untuk umur panjang Anda. Flossing menghilangkan bakteri penyebab periodontitis dan penyebab gigi berlubang. Tapi, jangan salah, bakteri ini dapat menyebabkan masalah lain lebih dari sekedar masalah gigi dan gusi. Jika anda terlalu lama tidak melakukan flossing, maka bakteri sekitar gigi dan gusi akan berkembang biak. Flossing akan mencegah hal itu dan akan menghilangkan bakteri. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika bakteri terus membentuk koloni, bisa masuk ke aliran darah Anda, menyebabkan keradangan dan meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular, penyakit pembunuh utama di AmerikaSerikat
Bahkan, penelitian dari “Journal of Periodontology” berusaha membandingkan orang yang melakukan flossing beberapa hari sekali dengan yang melakukan flossing setiap hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang beberapa hari sekali melakukan flossing memiliki kesempatan 86 persen lebih tinggi dari bakteri untuk memasuki darah mereka dibandingkan mereka yang melakukan flossing setiap hari.

#4 Meminum Teh Hijau Secara Rutin

Teh hijau mungkin tidak bisa melawan kanker, tapi teh hijau dapat membantu untuk mengurangi berat badan berlebih. Teh hijau mengandung sebuah antioksidan yang disebut epigallocetachin-3-gallate. Dosis rutin sehari-hari untuk EGCG dikombinasikan dengan kafein akan membantu Anda menurunkan sebanyak tiga pounds dalam 12 minggu dan merampingkan pinggang anda sebanyak satu inci, seperti yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition bulan Januari tahun 2010.
Berapa banyak teh hijau yang sebaiknya dikonsumsi? Walaupun ilmuwan masih tidak yakin apakah teh hijau dapat membantu meningkatkan penurunan lemak, Anda dapat mencoba cara ini dengan meminum tiga sampai lima 8 ons gelas setiap hari. Cara ini cukup mudah, Anda dapat meminum satu gelas teh hijau bersamaan dengan jadwal makan Anda.

#5 Bergeraklah Sesering Mungkin

Ketidakaktifan dan hilangnya massa otot seiring bertambahnya usia dapat mempercepat proses penuaan. Perubahan berhubungan dengan usia pada kuantitas dan kualitas otot yang terjadi– bahkan sampai ketingkat sel- dapat menjadi netral apabila Anda tetap aktif seiring pertambahan usia Anda.
Aktif berjalan dan bersepeda ringan adalah kegiatan sederhana, terlepas dari usia anda, yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.
sumber : http://indowebby.com/5-kebiasaan-agar-panjang-umur/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar